TEMPE BETON : TEMPE SEHAT ALTERNATIF PENGGANTI TEMPE KEDELAI


Karya ilmiah yang berhudul pemanfaatan biji nagka untuk pembuatan tempe diteliti oleh penulis yang bertempat tinggal di Desa Kresek Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun.
Penelitian ini dilakukan karena banyak sekali biji nangka yang dibuang sia-sia terutama pada musim buah nagka. Kebanyakan warga hanya mengkonsumsi daging buahnya saja. Dalam karya ilmiah ini penulis melakukan berbagai penelitian untuk mengungkapkan masalah dalam karya ini, yaitu untuk menguji kandungan gizi pada tempe biji nangka, nilai ekonomi tempe biji nangka dan cara pembuatan tempe biji nangka yang menghasilkan kualitas rasa dan penampilan yang baik.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa biji nangka dapat dijadikan bahan dasar pembuatan tempe, karena pembuatan tempe biji nangka hamper sama dengan cara pembuatan tempe kedelai. Dalam pembuatan tempe biji nangka harus memperhatikan ukuran ragi tempe yang akan digunakan, karena banyak sedikitnya ragi dapat mempengaruhi rasa dari tempe tersebut. Berdasar hasil penelitian tempe biji nangka akan menghasilkan kualitas rasa dan penampilan yang baik apabila menggunakan ½ sendok teh ragi dengan ¼ kg biji nangka.
Berdasar hasil pengujian kandungan gizi biji nangka juga mengandung zat gizi yang cukup. Sehingga tempe biji nangka baik untuk dikonsumsi. Begitu pula pada hasil uji ekonomi harga biji nangka lebih murah dibandingkan kedelai, dengan adanya industri kripik didaerah penulis yaitu Madiun, biji nangka lebih mudah untuk didapatkan meskipun pada waktu tidak musim buah nangka. Dengan murahnya harga factor pendukung dalam pembuatan tempe biji nangka maka penjualannya akan menghasilkan laba yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan apabila penjualan tempe biji nangka dipasaran disetarakan dengan harga tempe kedelai dengan biaya produksi tempe biji nangka yang lebih murah dari pada tempe kedelai maka hal ini akan memberikan keuntungan bagi penjual. Masyarakat umumnya lebih mengutamakan kualitas rasa dan penampilan barang, maka dari itu supaya tempe biji nangka  disukai dan diminati masyarakat luas maka dlam pembuatan tempe biji nangka menggunakan prosedur yang baik seperti cara pembuatan yang telah dibahas sebelumnya.






Komentar

Postingan Populer