TABUNG LISTRIK

RINGKASAN

Naufal Hesantra Harijadi, Valentino Mayong Ardianto, Varadela Ratna Fajaratri, 2016. Tabung Listrik. KTIR-P. SMAN 5 Kota Madiun.
            

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengolahan barang bekas menjadi sumber energi listrik alternatif berupa tabung listrik.
            Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Madiun selama 24 september 2016 sampai 11 oktober 2016 dengan menggunakan metode analisis univariat.
            Tabung listrik dibuat dengan merangkai magnesium dari kembang api jenis kembang tetes dan tembaga bekas dalam wadah botol air mineral bekas, kemudian dirangkai secara seri, untuk larutan elektrolit menggunakan air. Reaksi redoks antara Cu dan Mg dan menghasilkan arus dan tegangan DC. Tabung Listrik dibuat  dengan memanfaatkan limbah plastik dan logam yaitu botol air mineral bekas, kabel tembaga engkel bekas dan magnesium dari kembang api jenis kembang tetes serta di desain dengan sederhana, murah, mudah dibuat serta dapat di aplikasikan di semua tempat terutama daerah terpencil yang belum teraliri listrik. Sehingga selain menjadi solusi alternatif untuk memasok energi listrik didaerah terpencil juga untuk mengurangi pencemaran oleh sampah plastik dan logam.
Kata kunci : Tabung Listrik, Daerah Terpencil, Sampah Plastik dan Logam.



Komentar

  1. Slidenya tak terbaca ya 😁😅
    Lain kali buatlah yg bisa utk dibaca..

    BalasHapus

Posting Komentar