LKTI SMA se-Jatim Sambil Berburu Calon Mahasiswa


Dikirim oleh humas3 Universitas Brawijaya pada 09 Maret 2011


Presentasi LKTI diikuti 10 finalisUniversitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diikuti siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Jawa Timur hari ini (9/3). Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahun dalam rangka memperingati dies natalies. Pada dies natalies-nya ke-48 kali ini, kegiatan tersebut ditangani oleh Fakultas Teknik (FT). "Kegiatan ini memberikan tiket masuk UB kepada para pemenang", ujar Prof. Dr. Ir. Rudy Soenoko, M.Eng, koordinator kegiatan. Melalui kegiatan ini, Rudy berharap dapat me-recruit calon mahasiswa berkualitas. Tidak hanya dari bidang ilmiah saja, menurutnya calon mahasiswa dengan bakat seni dan Prof. Dr. Ir. Rudy Soenoko, MEng olahraga juga dibidik diantaranya melalui lomba tari dan kompetisi olahraga.

Rudy yang juga pakar Teknologi Kedokteran menambahkan, selain berprestasi, hal lain yang menjadi pertimbangan adalah kemampuan ekonomi. "UB memiliki banyak jalur masuk baik untuk mahasiswa kaya maupun tidak mampu", kata dia.

Ditanya tentang performa para siswa, Rudy yang dalam kesempatan tersebut bertindak sebagai juri menyampaikan keterkejutannya karena mereka tampil diluar dugaan. "Performa mereka luar biasa. Data sudah mendukung dan cukup ilmiah", ujarnya. Selain Rudy, dua orang juri lainnya adalah Prof. Ir. Antariksa, M.Sc, PhD (Teknik Arsitektur) dan Prof. I Nyoman Gedhe Wardhana, M.Eng, PhD (Teknik Mesin).

Pelaksanaan LKTI kali ini, tambahnya, lebih memprioritaskan SMA di wilayah Jawa Timur karena dinilai lebih dekat. Sebanyak 40 karya tulis berhasil dikumpulkan dari berbagai SMA di wilayah seperti Kediri, Lumajang, Jombang, Madura, Sidoarjo dan Surabaya. 10 diantaranya berhasil diseleksi dan mengikuti babak final kali ini. Mereka terpilih dengan kriteria meliputi format makalah, kreativitas gagasan, relevansi tema, data dan sumber informasi, serta analisis sintesis dan simpulan. Sementara untuk sessi presentasi, penilaian diambil pada sessi pemaparan dan tanya jawab. Hadiah berupa tropi, uang tunai senilai Rp. 13 juta, sertifikat dan tiket masuk UB akan diberikan kepada para pemenang pada lomba yang mengambil tema "Entrepreneurship" ini.

Berikut pemenang dalam LKTI ini. Juara I: SMA Negeri 5 Madiun (Transformasi Sampah Plastik Menjadi Minyak lipstik (limbah plastik) Sebagai Solusi Krisis Energi dan Pengangguran), Juara II: SMA Negeri 5 Madiun (Wirausaha Pembuatan Tempe Beton dan Susu Pongge Sebagai Sumber Pangan Alternatif Untuk Menciptakan Peluang Kerja, Juara III: SMA Charis Malang (Kreativitas Dalam Membuat Lapangan Pekerjaan Untuk Menjawab Permasalahan Pengangguran di Indonesia), Juara Harapan I: MAN III Kediri (Upaya Penghematan Bahan Bakar Dengan Pemanfaatan Limbah Air Kelapa Untuk Mempercepat Pelunakan Daging Bebek pada Proses Perebusan), Juara Harapan II: SMA Negeri 10 Malang (Penyelamatan Lingkungan Daerah Polowijen dari Limbah Plastik Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Saudaraku di Kota Malang). [nok]

Komentar

Postingan Populer