MY ACTION RESEARCH



ABSTRAK


Suharlinah.2008. Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Model STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Bilingual di Kelas XI IA1 (Kelas Khusus) SMAN 5 Madiun. SMAN 5 MADIUN.


Kata kunci: Prestasi, Fisika, Bilingual, Pembelajaran Kooperatif, STAD


Sekolah sebagai lembaga pendidikan keberhasilannya ditentukan oleh kualitas komponen yang terkait pada sekolah tersebut. Salah satu indikator yang menunjukkan keberhasilan lembaga pendidikan adalah prestasi belajar. Komponen utama yang mempengaruhi keberhasilan sekolah yaitu kualitas pembelajaran yang direncanakan oleh guru. Dalam kelas khusus (kelas plus) siswa menerima pembelajaran bahasa inggris lebih dibanding kelas lainnya. Oleh karena itu peneliti dalam menyampaikan materi pelajaran fisika di kelas khusus menggunakan bahasa inggris meskipun tidak penuh. Selama mengajar dikelas khusus peneliti melihat banyak siswa masih mendapatkan nilai fisika di bawah KKM. Oleh karena itu peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul: “Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Model STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Bilingual di Kelas XI IA1 (Kelas Khusus) SMAN 5 Madiun”.

Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Madiun untuk mata pelajaran fisika, tahun pelajaran 2008/2009 semester 1 pada bulan September. Subyek penelitian ini adalah kelas XI IA 1 (kelas plus) sejumlah 34 siswa, yang terdiri dari 24 siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki. Dalam penelitian ini dilakukan 3 siklus berdasarkan indikator dan jam pelajaran. Siklus I dilaksanakan selama 2 jam pelajaran 1 indikator, siklus II selama 2 jam pelajaran 1 indikator dan siklus 3 selama 2 jam pelajaran 1 indikator. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar fisika bilingual di kelas XI IA 1 (kelas khusus) SMAN 5 Madiun

Komentar

Postingan Populer